Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Sabtu, September 05, 2020

Ciri Orang yang Sudah Dimerdekakan dalam Kristus


Khotbah Minggu, 30 Agustus 2020

Nats Firman : “Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba Kebenaran “ ( Roma 6 : 18 )

Pada saat Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa karena lebih memilih untuk tidak mentaati Allah dan menyerah pada godaan setan. Semenjak itu, kehidupan manusia terasing dari Allah. Dan kita tidak lagi dikatakan sebagai orang yang merdeka, namun menjadi orang yang tidak berguna. Tetapi Puji Tuhan karena Yesus telah menyerahkan kehidupannya untuk kita, sehingga kita menjadi tahu bahwa kita telah bebas dan dimerdekakan oleh Kristus, dan men jadi hamba Kebenaran.

Pembukaan UUD 1945 Alinea pertama berbunyi,“Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan”.

Banyak orang sangat merindukan kemerdekaan pada saat kita masih di masa penjajahan, namun ketika kita sudah memperoleh kemerdekaan karakter dan perilaku kita berubah menjadi pribadi yang liar dan seenaknya. Seperti sekarang yang sering kita saksikan di Media , masih  banyak orang  yang mengaku tokoh Agama, tokoh Masyarakat, mantan pejabat yang teraliminir bahkan ada yang mengatasnamakan tokoh  Reformasi, dan segala sesuatu mengatas namakan reformasi  tetapi sayang Reformasinya sudah kebablasan, sehingga banyak menimbulkan konflik di tengah masyarakat dan cenderung mengganggu ketertiban pemerintah.  Pada HUT RI yang ke 75 .Pekik Kemerdekaan masih  didengungkan oleh setiap orang tetapi belum tentu orang yang mendengungkan, hidupnya sudah merdeka..Karena pada kenyataannya masih banyak orang yang dijajah oleh kebencian, kemunafikan bahkan  banyak diantaranya  yang terjebak dalam pola pemikiran yang sempit. Lalu apa makna kemerdekaan yang sesungguhnya didalam Kristus ?. Arti Kemerdekaan yang sesngguhnya  tidak hanya terletak pada kebebasan  fisik semata, tetapi lebih kepada pembaharuan hati yang sudah tidak lagi terbelenggu oleh kejahatan.. Berikut kita lihat ciri orang yang merdeka di dalam Kristus

1 . Mau bertanggung jawab atas hidupnyaDemikianlah setiap orang di antara kita akan memberi  pertanggungan  jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah” ( Roma 14 : 12 )

Ciri pertama orang yang sudah merdeka di dalam Kristus adalah mau bertanggung jawab atas dirinya di hadapan Tuhan.  Maksud orang yang  mau bertanggung jawab atas dirinya adalah orang yang tidak mudah putus asa dan tidah mudah menyerah terhadap keadaan.

Apabila menghadapi masalah yang berat dalam hidup, ia tidak serta merta sibuk untuk menyalahkan orang lain, menyalahkan Tuhan  dan mengambil jalan pintas lalu mengahiri hidupnya dengan jalan bunuh diri.

Orang yang bertanggung jawab atas dirinya adalah orang yang tidak terjebak dalam keinginan daging,  karena keinginan daging adalah “ pencabulan, pencemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap kesemua itu kuperingatkan kamu, bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah, tetapi buah Roh ialah, Kasih, Sukacita, damai sejahtera, , kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa   menjadi milik Kristus Yesus,, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya ( Galatia 5 : 19 – 24 )

 

2 . Selalu Mengucap SyukurMengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dike hendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu “( 1 Tes 5 : 18 )

Ciri orang yang merdeka dalam Kristus adalah orang yang tidak ditentukan oleh pengaruh di sekitarnya, tetapi oleh kondisi di dalam hatinya. Karena bagi orang yang sudah dimerdeka kan, akan selalu mengucap syukur dalam  hidupnya. Orang yang merdeka dalam Kristus, juga tidak akan mengeluh apalagi bersungut-sungut ketika ada masalah yang menerpa hidup nya. Karena di dalam setiap pengucapan syukur akan muncul kekuatan yang luar biasa. Sementara bagi yang masih suka bersungut- sungut akan membuat   kekuatannya menjadi hilang. Jika seseorang tidak dapat bersyukur bukan karena masalah karakter, tetapi karena kesombongannya. Tetapi orang mau bersyukur sadar akan anugrah Tuhan dalam hidupnya.

Mengapa kita harus selalu mengucap syukur ?. a. Karena Tuhan itu baik ( Mazmur 100: 1-5 )

b. Pencobaan yang datang kepada kita melebihi kekuatan kita ( 1 Kor 10 : 13 ).c. Allah sanggup mengubah air mata menjadi mata air kehidupan.

Seseorang yang bertekad untuk berubah pasti dapat mengucap syukur dalam segala perkara. Jika kita hanya melihat apa yang ada di depan mata ,maka  akan dapat membuat kita kecewa dan bersungut-sungut, tapi kalau kita mau memandang rencana dan janji-janji Tuhan menjadikan kita dapat bersyukur dan tetap semangat.

 

3 .Rela Melayani Tuhan dan sesamaKasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan

dengan segenap jiwamu dan segenap akal budimu. Itulah hukum yang pertama dan utama.

Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah; Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” ( Matius 22 ; 37-39 )

Ciri orang yang sudah dimerdekakan dalam Kristus, ia rela melayani Tuhan dan sesama. Kita harus menyadari bahwa untuk Tuhan dan sesamalah kita diciptakan dalam dunia ini. Dan inilah juga yang menjadi tujuan hidup kita. Saat kita hidup hanya bagi dirinya sendiri, hidup akan terasa hampa dan kosong serasa tidak bernilai. Dengan jalan melayani Tuhan dan sesamalah kebutuhan  kita dapat terpenuhi.

Itulah wujud dari kasih yang Tuhan Yesus ajarkan dalam Matius 22 : 37-39 ) bagi kita. Bahkan di Matius juga dijelaskan bahwa mengasihi Tuhan dan sesama merupakan keharu san bagi kita. Harus bukan berarti terpaksa, tetapi mengasihi dengan kasih yang tulus, kasih yang keluar dari lubuk hati yang terdalam. Itulah ciri orang yang sudah dimerdekakan dalam Kristus.

 

4 . Mampu menjaga hati “ Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situ terpancar  kehidupan “( Amsal 4 : 22 )

Ciri Orang yang merdeka dalam Kristus, juga berarti ia mampu menjaga hatinya dengan baik.ini artinya ia tidak akan membiarkan dirinya menjadi orang yang suka membenci, bertindak iahat, atau bertindak kasar, dan suka menjelek-jelekkan orang lain hanya karena dia iri hati.

Untuk tetap dapat  menjaga hati, agar  kita tahu apakah kita benar-benar bisa menjaga hati, atau kita hanya sekedar menunjukan kebaikan saat di depan orang, sebaiknya kita mau bela jar sungguh-sungguh dari Firman Allah, karena :

    Pertama, Firman Allah dapat menjamah dan mengubah hati, jika kita mau mneyediakan waktu untuk membacanya

    Kedua, Firman Allah dapat menjamah dan mengubah hati, jika kita mau merenungkannya. 

    Ketiga, Firman Allah dapat menjamah dan mengubah hati, jika kita mau melakukannya.

Jika kita mau melaksanakan ke empat Kriteria tadi  yaitu

1 . Mau bertanggungjawab atas hidupnya, 

2 . Selalu Mengucap syukur. 

3 . Rela melayani Tuhan dan sesama 

4 . Mampu menjaga hati, maka kita menjadi pribadi yang sungguh-sungguh sudah dimerdekakan dalam Kristus. Amin

Tuhan Yesus Memberkati.

 

Gembala Jemaat : Pdt. Agus Octavianus

 

Tidak ada komentar: