Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Sabtu, September 19, 2020

Tetap Tabah Walau Menghadapi Masalah


Khotbah Minggu, 13 September 2020

Nats Alkitab, Matius 8 : 23 – 27

Tema : Tetap Tabah Walau Menghadapi MasalahLalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali’ (26 b )

Selama kita masih hidup pastilah tidak pernah terlepas dari berbagai macam masalah yang datang menghampiri kita. Anehnya justru masalah bisa datang kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja dan tidak pandang bulu. Tua, muda, besar, kecil, kaya , miskin, pejabat atau rakyat jelata semua pernah mengalami masalah. Kejadian inipun juga menimpa murid-murid Tuhan yang notabene adalah bukan orang sembarangan dan terjadi justru pada saat mereka sedang bersama Yesus. Dari bacaan Firman Tuhan tadi kita sedang diajak untuk merenungkan dan belajar akan 4 hal tentang  makna kehidupan yang sesungguhnya :

1.       Tantangan orang percaya. “Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nya pun mengikutinya” (23). Kita harus mau menyadari bahwa sebagai orang percaya harus faham betul dan mengerti mengikut Tuhan itu tidaklah mudah dan cenderung banyak menghadapi resiko serta tantangan . Mungkin sebagian orang mengira kalau mengikut Tuhan percaya bahwa Allah tidak pernah meninggalkan dan membiarkan kita dalam menjalani hidup ini sendirian bahkan Allah menyertai sampai akhir zaman. Jaminan Allah ini bukan berarti bahwa kita akan terlepas dari masalah dan kesulitan hidup. Maka dari itu kita harus super hati-hati dalam menjalani hidup di hadapan Allah. Karena kita tidak pernah  tahu kapan dan di mana serta dalam bentuk apa masalah itu datang . Tetapi Yesus katakan, ”Jangan takut “ ini artinya Yesus sedang mengingatkan kepada kita agar kita tidak boleh takut dalam situasi dan kondisi apapun dan tetap tabah walau sedang menghadapi masalah.

 

2.       Hidup ini memang terasa berat. “Sekonyong-konyong mengamuklah angin rebut di danau itu, sehingga perahu itu ditembus gelombang, tetapi Yesus tidur” (24) Siapa pun orangnya ketika sedang menghadapi masalah pasti akan mengatakan bahwa hidup ini memang berat. Apalagi bila masalah itu datang secara tiba-tiba, seolah semuanya itu harus ditanggung  sendiri. Peristiwa ini seperti yang dialami oleh murid-murid Tuhan pada saat ada di tengah danau. Padahal kalau kita mau jujur, tidak semua masalah akan membuat kita mengalami kesesakan dan kehancuran. Tetapi justru sebaliknya di balik masalah yang kita alami, mujizat Tuhan dinyatakan. Firman-Nya” Marilah kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikulah kuk yang Kupasang dan belajarlah kepada-Ku karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketene ngan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan” ( Matius 11 : 28 – 30 )  

3.       Percaya pada kuasa Tuhan. “Ia berkata kepada mereka” Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya? Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali” (26) Iman tanpa perbuatan hakekatnya adalah mati karena iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Dan Alkitab juga mengatakan 'Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan jangalah bersandar kepada pengertianmu sendiri.' Karena tanpa kepercayaan kita kepada Tuhan, maka kita tidak akan pernah mengalami mujizat dari Tuhan. Walaupun Tuhan itu hebat, Tuhan itu luar biasa, Tuhan itu dahsyat, tetapi Tuhan tidak akan mampu berbuat apa-apa  manakala iman kita masih meragukan kuasa-Nya..

 

4.       Di balik masalah ada berkatDan heranlah orang-orang itu, katanya :”Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya” (27) Semua orang tentu tidak ingin kita ada masalah dalam hidupnya. Namun tiada kita sadari justru masalah itu terjadi karena ulah kita sendiri. Contoh : Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, tetapi masih banyak yang melakukannya. Contoh yang sedang in di era New Normal ini. Corona  (Covid 19 ) belum berakhir, New Normal bukan berarti semua jadi lebih mudah, lebih bebas tetapi harus tetap mengikuti protokol kesehatan, tetapi pada kenyataan yang terjadi masih banyak orang yang melanggar aturan itu, sehingga menimbulkan klaster baru. Masalah juga dapat datang atas seizin Tuhan seperti pada Ayub dan murid-murid Tuhan. Lalu bagaimana  sikap kita dalam menghadapi masalah, Pertama : jangan lari dari masalah. Kedua : jangan cepat putus asa seperti orang yang tidak punya pengharapan. Ketiga : lihatlah sesuatu yang baik, dibalik masalah tersebut. Karena hal inilah yang membuat kita kuat untk menghadapi setiap masalah. Karena di balik masalah yang terjadi pasti ada berkat, yang telah disediakan bagi orang yang mengasihi-Nya. Tuhan Yesus Memberkati

Gembala Jemaat : Pdt. Agus Octavianus

Tidak ada komentar: