Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Minggu, Januari 27, 2019

4 Fungsi Gereja

Gereja dipanggil Tuhan untuk melakukan  perbuatan-perbuatan yang besar, baca I Petrus 2 : 9, "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:"
Gereja dipanggil dan dipakai Tuhan untuk melakukan dan memberitakan perbuatan-perbuatan besar dari Allah.

4 Fungsi Gereja :
1. DIAKONIA , Kis 6 : 2, "Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja."
Para Rasul memiliki fungsi utama memberitakan Injil, dan memang diperlukan banyak pelayan-pelayan Tuhan untuk mengelola pekerjaan-pekerjaan lain.
Gereja dipanggil untuk menjadi berkat bagi mereka yang hidup dalam berkekurangan dan penderitaan.
Yang menyedihkan jika gereja tidak lagi melakukan fungsinya sebagaimana harusnya.
Pelayanan Tuhan, supaya gembala sidang punya fokus yang jelas, maka perlu diaken, kita melayani dunia dari gereja sendiri.
I Timotius 5 : 3, "Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda." Merekalah yang menjadi tanggungjawab gereja, lain halnya bila janda tersebut memiliki anak atau kerabat yang mampu, maka anak dan kerabatnyalah yang paling berkewajiban bertanggungjawab mengurus mereka.
Pelayanan ke penjarapun wajib gereja pikirkan sampai situasi sesudah para narapidana dibebaskan untuk mendapatkan pekerjaan, itulah hal esensi yang diperlukan mantan narapidana walau sudah diberikan bimbingan rohani melalui pelayanan gereja di penjara.
I Yohanes 3 : 17-18, "Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran."
Melayani bukan dengan hanya perkataan saja tapi melalui perbuatan, itulah tindakan nyata gereja.
Orang tidak peduli seberapa banyak yang kita tahu, tapi mereka tahu seberapa banyak yang kita peduli (David J. Schwartz)  itu yang ingin mereka lihat.
Kita melayani dengan tindakan nyata.

2. KOINONIA
Kisah Rasul 4 : 32, 34-35, "Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Sebab tidak ada seorang pun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya."
Diperlukan adanya persekutuan di antara orang-orang percaya, itulah yang diperlukan gereja yang sehat.
Ibrani 10 : 24-25, "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat."
Firman Tuhan mewajibkan umat Tuhan untuk memiliki komunitas persekutuan dan tetap setia bersekutu, untuk saling membangun dan tumbuh bersama.
Melalui komunitas, bila kita hendak jatuh dalam dosa, kita memiliki orang-orang yang akan menegur, mengingatkan kita dan menjaga kita, juga melalui doa-doa mereka.
Makanya menjadi bahaya bagi orang yang hidup sendirian tanpa komunitas.
Dalam Kisah 4 kita melihat semangat kebersamaan jemaat mula-mula sampai mencakup harta milik mereka.
Ibrani 10 : 24-25, saling memperhatikan, saling mendorong dalam kasih dan dalam perbuatan baik.

3. MARTURIA (Mat 28 : 19-20; Markus 16 : 15)
Perintah, Amanat Agung Tuhan Yesus bagi seluruh umat Tuhan untuk memberitakan Injil kepada seluruh mahluk ke seluruh dunia. Tidak ada batasan geografis, dan batasan suku. Mereka harus memberitakan Injil di mana saja, kapan saja dan kepada siapa saja di seluruh kolong langit ini.
Gereja yang tidak terlibat dalam Penginjilan adalah gereja yang sakit rohani, karena gereja tidak lagi berfungsi sesuai dengan yang ditetapkan oleh Allah.
Kita mesti memiliki misi pribadi untuk menjalankan firman Tuhan untuk memberitakan Injil kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Janganlah kita menjadi gereja yang memikirkan dirinya sendiri.
Gereja yang besar adalah gereja yang berdampak dan menjangkau banyak orang, berapa banyak orang yang diutusnya untuk memberitakan Injil.

4. DIDACHE (Kis 3 : 42)
Kata mengajar (Yunani : Didache) sinonim dengan kata doktrin, yang merupakan bagian penting dalam gereja mula-mula.
Orang percaya diajarkan doktrin tentang ke Mesias an Yesus, sehingga orang percaya mempunyai suatu keyakinan dan tidak mudah diombang-ambingkan dengan beragam pengajaran sesat yang ada. Jangan sampai orang percaya menjadi tidak percaya diri karena tidak memiliki pengetahuan doktrin tentang ke Mesias an Yesus.
Pengajaran kepada orang-orang yang baru percaya menghasilkan kedewasaan (Kis.11 : 26; 15 : 35)
Kegagalan untuk merespon pengajaran akan menghasilkan bayi-bayi rohani (Ibrani 5 : 12).



Preacher : Pdt. Clay, S.E, M.Th
Written by : ssr






Tidak ada komentar: