Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Minggu, Februari 04, 2024

Tujuan dan Sasaran dari Gereja

Ibadah Raya GBIS BK - Minggu, 4 Februari 2024

Shalom, puji nama Tuhan  kita sudah memuji nama Dia dan pujian yang kita naikan, dengan bernyanyi dan bersorak sorai.

Pagi ini kita membaca firman Tuhan, terambil dalam Efesus 4 : 7 - 16

Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

Itulah sebabnya kata nas:

"Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan;

Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."

Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?

Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristu13

sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, — yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota — menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

    Ada cerita seorang yang datang pada pekerja yang sedang memasang batu bata, orang itu bertanya, "apa yang sedang kau kerjakan". Pekerja pertama ini menjawab, "mengapa kamu tidak melihat apa yang sedang saya kerjakan!" Lalu orang tersebut bertanya pada pekerja kedua, dijawab dengan bangga bahwa dia sedang mengerjakan pembangunan Katedral. Demikianlah tujuan sasaran dimengerti dengan jelas apa yang menjadi "GOAL" tujuan yang sedang dilakukan.

Lirik lagu Ku mau cinta Yesus selamanya.

Ku mau cinta Yesus selamanya
Ku mau cinta Yesus selamanya
Meskipun badai silih berganti
Dalam hidupku
Ku tetap cinta Yesus selamanya

Ya Abba Bapa ini aku anakMu
Layakkanlah seluruh hidupku
Ya Abba Bapa ini aku anakMu
Pakailah sesuai dengan rencanaMu

    Hal pertama, yaitu kita harus MENCINTAI YESUS sehingga kita tahu apa yang menjadi kehendakNya. Kita harus memiliki tujuan dan sasaran, selain apa yang menjadi tahun kelimpahan bagi kita. Yesus Kristus kepala gereja, bagi gerejaNya, dengan merenungkan ayat di atas, mungkin sukar kita lakukan. Kedisplininan pekerja diperlukan bagi gereja, dengan kedisiplinan maka gereja akan bekerja dengan baik. Kita harus tekun berdoa, dalam melayani sekalipun, kita siap. Kalau kita di dalam DIA maka kemampuan yang kita lihat sebagai hal yang mustahil dapat kita lakukan.

    Ada tujuan dan sasaran,  tahun 2024 tujuan nya tahun kelimpahan, sasaran adalah apa saja yang harus kita kerjakan untuk berhasil.

BAGIAN PERTAMA, pertolongan untuk membantu gereja mencapai sasaran yaitu ANUGERAH TUHAN. Anugerah Tuhan tidak diterima sama pada setiap orang, bisa berbeda satu sama lain. Bisa jadi kita tidak dapat memberikan yang sama, sesuai dengan apa yang kita miliki. Dalam hal memberi, disinggung hal Persembahan Sulung, persembahan Persepuluhan. 

    Mari kita baca Mazmur 5 : 13

(5-13) Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN;

Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

    Tuhan memagari umatNya dengan anugerah seperti perisai, yang menahan serangan dari apapun/siapapun, Pagar seperti benteng pertahanan. Anugerah Allah mempunyai sasaran di I Korintus 15 : 10

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Roma 5 : 17

Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

    Seorang yang berkuasa yang memimpin dalam kehidupan kita, sehingga tujuan dan sasaran gereja dapat kita capai. Dengan sasaran yang berlimpah-limpah, Efesus 3 : 8 dinyatakan bagi kita memberitahukan Anugerah Allah diberikan untuk masing-masing pribadi kita.

BAGIAN KEDUA, pertolongan untuk membantu gereja adalah KEHENDAK KRISTUS, karena kita dipilih, menuntun kehidupan kita.  Efesus 4 : 15

tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Lirik lagu Kekuatan dan Penghiburan

Kekuatan serta penghiburan
Diberikan Tuhan padaku
Tiap hari aku dibimbing-Nya
Tiap jam dihibur hatiku

Dan sesuai dengan hikmat Tuhan
Ku diberikan apa yang perlu
Suka dan duka bergantian
Memperkuat imanku

    Penghiburan banyak dicari orang. Tapi bagi kita penghiburan kita ada di dalam DIA, suka dan penderitaan datang silih berganti. Tuhan memberikan kita kekuatan untuk mampu menghadapi semua.

Kehendak Kristus adalah segalanya buat kita - Kisah 13 : 22

Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.

    Apakah Daud melakukan semua kehendak Tuhan? Memang Daud melakukan beberapa kali kehendak dirinya, namun bila Tuhan sudah berkehendak, siapa yang bisa menggantikannya?

Yohanes 5 : 21

Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

    DIA bisa menghidupkan kembali anak Yairuz, Lazarus yang dibangkitkanNya. Kehendak Yesus Kristus dilakukan dan tidak ada yang dapat menggantikannya.

Titus 1 : 3

dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita.

    Kuasa Tuhan itu luar biasa bagi kita, dan dengan percaya, sesuai kehendak Tuhan maka apa yang kita minta akan dijawab oleh Tuhan.

    Tujuan dan sasaran yang Tuhan kehendaki, selama kita tulus dan taat melakukannya maka Tuhan akan menolong dan membantu kita mewujudkannya.

    Yang Tuhan kehendaki dari kita yaitu agar kita mempersiapkan diri kita sendiri agar firman Tuhan tidak berlalu begitu saja.

Lirik lagu Kusiapkan Hatiku Tuhan

Kusiapkan hatiku Tuhan tuk dengar firman-Mu saat iniKu sujud menyembah-Mu Tuhan, masuk hadirat-Mu saat iniCurahkan urapan-Mu Tuhan bagi jemaat-Mu saat iniKusiapkan hatiku Tuhan tuk dengar firman-Mu
Firman-Mu Tuhan tiada berubahDahulu sekarang selama-lamanya tiada berubahFirman-Mu Tuhan penolong hidupkuKusiapkan hatiku Tuhan tuk dengar firman-Mu

BAGIAN KETIGA, adalah SARANA yang DIA SIAPKAN. Tuhan mempersiapkan semuanya bagi kita, untuk kita mendengar firman Tuhan agar firmanNya tidak berlalu dengan sia-sia.

Efesus 4 : 11

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

Semuanya kembali pada kerelaan kita dalam melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita. Memang kita tidak digaji, namun upah yang Tuhan sediakan ada di sorga.

Lukas 9 : 13

Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini."

    Dari mana uangnya, dari mana cara nya harus dipersiapkan? Tuhan menyiapkan roti dan ikan. Matius 17 : 27

Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

    Sarana uang pun Tuhan siapkan bagi kita. Seperti yang difirmankan ini, agar kita mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan bahwa Tuhan menyediakan segalanya bagi kita dan gerejaNya!!

Lirik lagu Dialah segalanya bagiku

Dialah segalanya, Dia bagiku
Dialah segalanya, besar, kecil
Korbankan diri-Nya dan s'lamatkanku
Dialah segalanya, Dia bagiku

Seperti air madu dari batu karang
Dicicip air madu yang manis
Oh, lihatlah, Tuhan itu baik
Dicicip air madu yang manis

    Dialah segala-galanya bagi kita dan DIA tahu semuanya apa yang menjadi keperluan kita. Dan sanggup mengubah yang tidak baik menjadi baik bahkan karakter kita sekalipun. Biarlah kita menjadi orang yang rendah hati untuk mau dibentuk Tuhan.

    Apa bedanya orang sombong dengan rendah hati? Ada ilustrasi, orang bule dan orang kulit hitam, masuk ke bar/ kafe, dengan sesumbar dia berteriak "ayo semuanya silakan makan dan minum sesukanya." Lalu ke kasir membayar menunjukkan uang yang dimilikinya, lalu dia menunjuk orang kulit hitam yang ditunjuk, "kecuali dia yang tidak boleh." Namun akhirnya dia tahu bahwa orang berkulit hitam itu adalah pemiliknya, akhirnya dia menjadi malu. Singkat cerita, terjadi kecelakaan tabrakan pada si orang bule tersebut di depan kafe,  si orang kulit hitam segera menyelamatkannya dan membawa ke Rumah sakit dan memberikan deposito agar si orang bule itu sampai sembuh. Setelah beberapa lama, si bule tahu bahwa yang menyelamatkannya si orang kulit hitam, lalu pergi ke bar/ kafe tersebut, dia hanya menemui anak si kulit hitam yang memberitahukan bahwa ayahnya sudah meninggal. Dan memberikan dia secarik surat yang memberitahukannya agar dia jangan salah memilih dalam kehidupannya.

 

Preacher : Pdt. Prof. Dr. Richard B. Gunawan, D.D.PC.

Written : ssr

Tidak ada komentar: