Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Minggu, Februari 12, 2023

Menghasilkan Buah yang Tetap

Ibadah Raya GBIS BK - Minggu, 12 Februari 2023

Bisa kita baca Yohanes 18 : 1-8, judul perikop, "Pokok Anggur yang Benar."

  1. (Yoh 15:1) "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
  2. (Yoh 15:2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
  3. (Yoh 15:3) Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
  4. (Yoh 15:4) Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
  5. (Yoh 15:5) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
  6. (Yoh 15:6) Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
  7. (Yoh 15:7) Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
  8. (Yoh 15:8) Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

Puji Nama Tuhan bagi setiap kita yang memuji nama Tuhan, mendengarkan firman Tuhan, melakukan dan menyimpannya dalam hati. 

Tema ini tujuannya untuk membawa kehidupan kita sebagai orang Kristen untuk melakukan perbuatan baik bukan kadang-kadang. Tuhan mau kalau kita setia, Tuhan mau kita masuk ke level kesetiaan lebih lanjut, yang lebih baik dan bertambah-tambah, dengan demikian nama Tuhan dipermuliakan.

Tujuan ayat tersebut bagi kita orang percaya, bahwa kita sangat membutuhkan Tuhan!! Kita tidak bisa jauh dari Tuhan, kita haus, menginginkan Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Tujuan berikutnya agar kita mengerti apa yang harus kita lakukan untuk Tuhan, yaitu menjadi pelaku firman Tuhan. Tidak hanya mengerti firman Tuhan secara luar biasa, mampu berdebat tentang firman Tuhan, namun apa artinya bila kita tidak melakukan firman Tuhan!?

Pada akhirnya yang Tuhan inginkan agar kita melakukan firman Tuhan sebagai orang percaya, bukan hanya melakukan rutinitas. Setelah kita melangkah keluar dari gedung gereja ini, kita melakukan pelayanan praktis melakukan firman Tuhan.

Pelayanan kami di Sragen, walaupun jemaat belum banyak, kami melayani secara oikumene, dan ada gereja yang gembalanya sedang sakit, saya diminta untuk membantu pelayanan di sana. Begitu juga ada kesempatan pelayanan radio pemerintah di Sragen, dan pelayanan terbuka pula di Lapas. 

Ada sesuatu yang dapat kita kerjakan untuk sesuatu yang bermakna, selama kita masih hidup dapat menjadikan hidup kita berkualitas dan bermanfaat bagi kemuliaan Tuhan. Buah yang baik dan bermanfaat dalam kehidupan kita, buah itu tidak muncul dengan sendirinya.

Bagaimana kita menghasilkan buah?

1. Kita harus memiliki ketergantungan dengan Tuhan!! 

Kita tidak mungkin bisa hadir dalam ibadah, tanpa keterlibatan Tuhan atas kita. Kita HARUS memiliki ketergantungan penuh pada Tuhan. Demikian pula kita harus menyadari atas kekurangan dan kelemahan kita dan pada saat yang sama pula kita menyadari bimbingan dan penyertaan Tuhanlah yang kita perlukan. Marilah kita terus dekat dengan Tuhan!!

Orang yang memiliki ketergantungan dengan Tuhan itu dengan pengertian bahwa kita tidak dapat hidup tanpa Tuhan. Demikian juga dengan ranting pohon anggur yang tidak bisa hidup tanpa pokok anggur.

Ada orang yang terlibat hutang sehingga rumah akan diambil oleh bank, namun dia bersikukuh tidak mau menandatangani berita acara, keluarga ini mengakui bahwa dia sudah lama tidak mencari Tuhan sungguh-sungguh. Adalah biasa saat kita dalam kesulitan kita mencari Tuhan, namun yang luar biasa adalah kita tetap mencari Tuhan saat kita makmur, diberkati dan berkecukupan!!

Hal kedua, Menikmati prosesnya. 

Setiap ranting yang tidak berbuah, dipotong dan dibersihkan. Kita semua di ruangan ini memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda, oleh karena apapun kita, kita di hadapan Tuhan diproses dan dibentuk sesuai dengan ciri khas masing-masing. 

Hal ketiga, Menyatu dengan Tuhan!

Ranting kalau sampai terpisah dari pokok anggurnya akan menjadi kering, dibuang orang untuk dibakar. Maka Kekristenan adalah kehidupan untuk menjadi berkat untuk memuliakan Tuhan. Kunci untuk tetap intim dengan Tuhan, dengan cinta!!

Jangan sampai kita ibadah tapi hati kita menjauh dari Tuhan, maka kuncinya kita harus menyatu dengan Tuhan dengan sungguh-sungguh, kita akan mendapatkan "sumber makanan", berkat dari Tuhan!!

Orang Kristen yang menyatu dengan Tuhan mampu tangguh dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Tuhan yang maha Kuasa bila tinggal di dalam diri kita, maka kuasaNya pun bisa ada dalam diri kita dan saudara! Orang Kristen tidak akan mampu menyakiti saudaranya, karena ada Tuhan di dalam dirinya. Kasih tidak pernah mengorbankan siapapun. 

Saya bersyukur di awal pelayanan, dimulai dengan pelayanan 3 orang, yang kemudian sang istri mampu mengajak suaminya, yang suami mampu mengajak istrinya dan kemudian anak-anaknya. Sehingga terus ditambahkan dan ditambahkan ketika kita menyatu dengan Tuhan, mengandalkan Tuhan!!

Berikutnya untuk kita menghasilkan buah yang baik, kita harus memiliki KUALITAS yang BAIK!!

Orang percaya yang hidupnya bergantung dengan Tuhan, mau diproses dan menyatu dengan Tuhan pada akhirnya menghasilkan Kualitas dengan baik!!

Bila anda seorang pedagang, buatlah kualitas dagangan yang terbaik, jadilah bakul bakul dagangan yang terbaik, sehingga kita diberkati, dagangan terbaik kita dibeli banyak orang yang mencari kualitas!!

Kita dipercayakan dalam perkara kecil, kita dipercayakan pula dalam perkara perkara besar, ketika kita mampu membuktikan kualitas kita dalam menghadapi perkara-perkara kecil sekalipun!!

Yohanes 15 : 16, 

(Yoh 15:16) Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.



Preacher : Pdt. Yusuf Sugianto

Written by : ssr

Tidak ada komentar: