Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Minggu, September 10, 2023

Hidup dalam Kekudusan

Ibadah Raya GBIS BK - Minggu, 10 September 2023

Shalom, Puji nama Tuhan, Saudara.
Mari kita buka Firman Tuhan terambil dari I Petrus 1 : 13-19
  1. (1 Pet 1:13) Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.
  2. (1 Pet 1:14) Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,
  3. (1 Pet 1:15) tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
  4. (1 Pet 1:16) sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.
  5. (1 Pet 1:17) Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.
  6. (1 Pet 1:18) Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
  7. (1 Pet 1:19) melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Tema firman Tuhan pagi hari ini, "Hidup dalam Kekudusan."
Biarlah firman Tuhan pagi hari ini kita mau menyelami secara pribadi, apakah kita tetap mencari akan Tuhan. Biar pagi hari ini kekudusan ada di dalam diri Saudara.

Lirik Lagu "KekudusanMu Bapa"
KekudusanMu Bapa, pengorbananMu Yesus
PenghiburanMu Roh Kudus
Membuatku terpesona
Tiada lagi kata, tiada lagi harta
Tiada lagi daya
S'lain memuji dan menyembahMu

Chorus
Glori, glori, bagiMu Yesus  
Allah yang kudus selamanya Oh
Glori, glori, nyanyi Hosana
Bagi Sang Raja, Haleluya

Pujian ini menyatakan bagi kita, KekudusanMu Bapa.
Sekalipun dikatakan di sana tidak ada lagi harta, tidak ada lagi kata, DIA tetap Kudus di dalam kita.
Dalam seminar kemarin, apa yang dikatakan bagi para pemain musik, pemimpin pujian, bagian media, hadirat Tuhan begitu indah, saat dipanggil Altar call, semua menangis merasakan hadirat Tuhan.

    Karena Allah begitu mengasihi pada kita, Dia tidak ingin melihat umatNya hidup dalam kehancuran, hidup dalam kuasa Iblis dan menuju kebinasaan. Kita yang sudah ditebus oleh darah Yesus. Namun di dalam Tuhan tidak ada kebetulan, Dia ingin menyatakan eksistenNya di dalam kita secara pribadi. 
    Saya ingin menyatakan kebaikan Tuhan, minggu lalu saya tidak dapat hadir, karena sedang berada dirawat di rumah sakit. Minggu lalu, saya menyetir sendiri, ke rumah anak saya, untuk menemani saya kontrol ke dokter Jantung di RS Ukrida. Tidak lama setelah kontrol, tidak jauh berjalan ke parkiran mendadak dada makin terasa sesak, sempat duduk di kursi terdekat, mata saya mulai terasa gelap.
    Anak saya menceritakan kepada saya, pada saat itu, anak saya berteriak kepada suster terdekat, dan banyak orang segera memberi pertolongan membawa brankar ranjang, dan saya dibawa ke ruang gawat darurat. Dan saat saya terbangun dalam ruangan yang sangat terang, padahal seingat saya sedang menyetir. dan dikatakan tekanan darah saya drop, diinfus dan dipasangin alat jantung, dalam kondisi normal.
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua jemaat yang terus mendoakan saya, sayapun tenang-tenang saja, selama dalam perawatan, saya berharap bisa segera pulang, ternyata sampai hari Minggu baru boleh dipulangkan, dokter Jantung, dokter Penyakit Dalam dan Anestesi pun memeriksa saya dan tidak ditemukan indikasi penyakit apapun, semua dalam keadaan baik.
    Kita tidak pernah tahu apa rencana Tuhan dalam kita, itulah sebabnya kita harus hidup dalam kekudusan sehingga kita tidak perlu takut akan apapun. 
    Mengapa Allah menghendaki umatNya hidup dalam kekudusan?! Adalah benar apa yang dikatakan dalam pujian yang kita nyanyikan, supaya kita hidup kudus di dalam kekudusanMu Bapa.

Lirik lagu, "Kudus kudus Tuhan."
Kudus Kudus Tuhan  Kudus namaMu
Kub'ri syukur dalam simponi indah
Ajaib ajaib Tuhan ajaib namaMu
Nama yang b'ri menang Yesus namaNya

    Sekalipun apapun yang terjadi pada kita, mungkin kita mengalami kekecewaan mengapa hal itu harus terjadi, mengapa kita harus hidup kudus?

    Bagian pertama, bahwa Allah Tuhan kita adalah Allah yang Kudus, dan kita harus berdoa dan meminta pada Allah untuk menguatkan kita dan memampukan kita agar hidup dalam kekudusan, dan kita dapat melihat Tuhan. Dan Dia menuntun dalam hidup kita sekalian. 

Ibrani 12 : 14
(Ib 12:14) Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
    
    Memang perlu kita sadari bahwa hidup ini banyak godaan dan tawaran tawaran dari si jahat. Saat ini dunia sudah penuh dengan kejadian kejadian yang penuh kejahatan, semuanya ini tidak perlu terjadi kalau kita memiliki seluruh senjata rohani yang Tuhan sediakan bagi kita untuk melawan tipu muslihat si jahat.

Efesus 6 : 10-20
  1. (Ef 6:10) Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.
  2. (Ef 6:11) Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
  3. (Ef 6:12) karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
  4. (Ef 6:13) Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
  5. (Ef 6:14) Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
  6. (Ef 6:15) kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
  7. (Ef 6:16) dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
  8. (Ef 6:17) dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
  9. (Ef 6:18) dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
  10. (Ef 6:19) juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,
  11. (Ef 6:20) yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.
    Bagian kedua, ketidakkudusan adalah suatu kebodohan. Mengapa? Karena Allah adalah Kudus maka Dia tidak dapat bersekutu pada orang yang tidak kudus. Kalau kita tidak hidup kudus maka kita hidup di dalam dosa dan hidup menjauh dari Allah. Ketika hidup kita jauh dari Tuhan hanya akan ada kehancuran yang akan kita hadapi.
    Bagi kita bukan hanya menghampiri Allah melainkan Dia memberikan kita tempat bagi orang yang mau hidup kudus.
    Nama yang diberikan Tuhan bagi kita adalah nama yang beri menang, orang yang hidupnya dalam kekudusan pasti menyerahkan dirinya pada Tuhan dan Tuhan pasti memberikan keindahan.

    Bagian ketiga, hidup kudus adalah syarat dari Tuhan bagi kita. 
I Korintus 1 : 1-8
  1. (1Kor 1:1) Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita,
  2. (1Kor 1:2) kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita.
  3. (1Kor 1:3) Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
  4. (1Kor 1:4) Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus.
  5. (1Kor 1:5) Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan,
  6. (1Kor 1:6) sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.
  7. (1Kor 1:7) Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.
  8. (1Kor 1:8) Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.
    Kita diberi kesempatan untuk kita tetap setia, Tuhan selalu akan menyertai kita sekalian. Dengan kesetiaan kita akan terus mencoba berusaha hidup dalam kekudusan.
    Dalam bagian ketiga ini jelas dikatakan adalah syarat dari Tuhan, sebab tanpa kekudusan orang tidak dapat berjumpa dengan Tuhan
Amsal 24 : 3
(Amz 24:3) Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,

Lirik lagu, "Engkau perisaiku"
Engkaulah perisaikuSaat badai hidup menerpakuFirman-Mu di dalamkuTenangkan jiwaku
Engkaulah perisaikuSaat badai hidup menerpakuFirman-Mu di dalamkuTenangkan jiwaku
Ku 'kan berdiri di tengah badaiDalam kekuatan yang Kau berikanSampai kapan pun 'ku 'kan bertahanKarena Yesus selalu menopang
Ku 'kan bertahan di dalam tekananDengan kekuatan yang Kau berikanSampai kapanpun tak tergoyahkanKarena Yesus selalu menopang hidupku
    Dengan pujian ini, dikatakan kita bisa bertahan karena Tuhan menopang kita. Ketika saya di rumah sakit, cucu saya yang di Hongkong menceritakan bahwa badai hebat sedang melanda Hongkong, namun dikatakan saat itu dia sedang di rumah dan dalam kondisi aman.

Bagian keempat, hidup kudus adalah tujuan untuk meraih berkat Tuhan. Inilah kunci untuk meraih berkat Tuhan baik jasmani maupun rohani berkelimpahan bagi yang hidup benar dan kudus. Semua orang pasti menanti berkat Tuhan. Selama kita mau berusaha dan sungguh-sungguh untuk hidup kudus, iblis akan semakin gencar menyerang kita untuk berusaha mengagalkan kita, dan Tuhan juga akan terus memberikan kekuatan bagi kita dan menopang kita untuk tetap bertahan menghadapi goncangan sekalipun.

Lirik lagu, "Kuduskan tempat ini"
Kuduskan tempat ini
Untuk kami berdoa
Kuduskan hati ini
Untuk kami menyembah
Biar segala perkara
Kuserahkan padaMu Yesus
Dan Roh Kudus bekerja
Membimbing kami semua

Kuduskan tempat ini
Untuk kami berdoa
Kuduskan hati ini
Untuk kami menyembah
Biar segala perkara
Kuserahkan padaMu Yesus
Dan Roh Kudus bekerja
Membimbing kami semua

    Biarkan Roh Kudus bekerja untuk menguduskan kita semua dan selama kita terus berdoa!! 
Biar pagi hari ini firman Tuhan dengan tema Hidup dalam Kekudusan tinggal tetap di dalam kita. Godaan demi godaan banyak, namun kita tetap harus bertahan, dengan Allah bersama kita maka kita akan sanggup menghadapi godaan maupun badai yang menerjang kita sekalipun. Amin.




Preacher : Pdt. Prof. Dr. Richard B. Gunawan, D.D.PC.

Written by : ssr


Tidak ada komentar: