Selamat Datang....Tuhan Memberkatimu...

Selamat Datang di Blog Rehobot Community
Kami berharap Bro en Sis akan mendapatkan banyak berkat dari tulisan-tulisan artikel rohani, kesehatan, psikologi, dan lain sebagainya yang ditulis oleh admin dan rekan-rekan. teman, sahabat inter-denominasi dan ataupun dari para pembaca Buletin Rehobot Community.
Blog ini memfasilitasi publikasi : 1. Berbagai kumpulan Firman Tuhan, 2. Link video Ibadah Raya GBIS Bukit Karmel - Jl. Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan dan Pos PI GBIS Bukit Karmel - Bumi Serpong Damai 3. Link video konten SenengnyangoFi 4. Dokumentasi foto-foto 5. Link Audio Firman Tuhan yang bisa Anda dengarkan setiap saat - Klik langsung dengarkan

Dengan rendah hati Blog Rehobot Community ini dapat menjadi berkat dan sumber inspirasi dan Referensi firman Tuhan/ Renungan bagi para sahabat terkasih Umat Tuhan yang rindu mengeksplorasi kebenaran demi kebenaran firman Tuhan serta menambah wawasan melalui kesaksian ataupun pengalaman hidup orang lain yang diberkati. Dan sebagai modifikasi informasi, juga dilampirkan cuplikan video singkat saat firman Tuhan disampaikan. Kami ucapkan terima kasih...

Bila Anda ingin memberikan ide / saran / masukan pada kami mengenai blog Rehobot Community, Anda dapat mengirim e-mail ke : rehobot.comm@gmail.com

Selasa, Juni 30, 2020

Tantangan Keluarga di Zaman Now


Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan oran akan menjadi dingin  ( Matius 24 : 12 )

Keadaan akhir zaman pada saat ini sedang terjadi bertambahnya kedurhakaan dan kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Di setiap zaman, keluarga memiliki pergumulan dan tantangan yang berbeda-beda . pergumulan dan  tantangan keluarga pada Zaman Now ini tentu jauh lebih kompleks. Kalau kita tidak siap  menghadapi tantangan, maka tantangan itu justru akan menghancurkan keluarga kita. Tantangan apakah yang akan dihadapi oleh keluarga Kristen pada Zaman Now ?

 1 . Kemudahan mendapatkan informasi

Pada saat ini kita sedang berada pada zaman informasi terbuka di mana tidak ada lagi batasan untuk bisa menerima informasi. Dan pada masa sekarang kita sangat mudah untuk mengakses dan mendapatkan informasi tentang apa saja baik melalui buku, televisi, radio, internet dan media sosial lainnya. Namun sayang tidak semua informasi yang disajikan itu benar, positif dan membangun, tetapi banyak juga informasi yang salah, negatif dan menyesatkan  Adapun dampak dari kemajuan teknologi informasi itu, membuat anak dan orang tua, seolah makhluk dari dua abad yang hidup dalam satu rumah. Gap teknologi, gap generasi,  membuat enggan dan kesulitan berkomunikasi. Anak menganggap orang tua kuno atau bodoh dan akhirnya perilaku anak menjadi suka melawan dan mudah memberontak terhadap orang tua. Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap tantangan ini menghampiri semua keluarga di Zaman Now. Itulah sebabnya dibutuhkan hikmat dan hati yang bijaksana untuk bisa menyaring semua informasi yang datang kepada keluarga kita. Jikalau tidak hati-hati maka keluarga kita akan terpapar hal hal negatif sehingga tidak sedikit keluarga yang menjadi hancur.

2 . Pertumbuhan Iman

Perkembangan dunia yang sangat modern membuat orang semakin rasional mengandalkan kekuatan dan kepintarannya. Apalagi di kalangan generasi milenial zaman now yang sangat akrab dengan teknologi, mereka bisa menemukan jawaban dari semua pertanyaan apapun. Dan kebanyakan anak generasi milenial semakin sekuler, semakin hedonis, semakin atheis, jika percaya Tuhan, tidak lagi mengutamakan ibadah dan juga tidak terlalu meyakini hal itu berpengaruh langsung dalam hidup sehari-hari. Hal ini membuat mereka merasa tidak butuh Tuhan. Itulah sebabnya hal-hal rohani kurang menarik perhatian mereka. Fakta ini tentunya mendatangkan tantangan tersendiri untuk keluarga Kristen di Zaman Now.
Apalagi jika orang tuanya kurang takut kepada Tuhan, maka bisa dipastikan keluarga ini akan menjadi keluarga yang tidak mengalami pertumbuhan iman.  Karenanya menjadi tantangan bagi semua orang tua di zaman now untuk selalu mengandalkan Tuhan dan sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan serta mengalami pertumbuhan iman yang pada akhirnya para orang tua mampu mewariskan iman kepada anak-anak mereka.

3 .  Membangun Relasi Yang Sehat

Tuntutan hidup di Zaman Now memaksa keluarga untuk menjadi sibuk dengan urusan masing-masing. Orang tua sibuk dengan urusannya, begitu juga anak-anak sibuk dengan kegiatannya. Sadar atau tidak kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat hilangnya waktu berkualitas untuk keluarga yang pada akhirnya akan mengganggu relasi atau hubungan antar anggota keluarga. Kita juga menyadari dunia yang kita huni sekarang ini sedang mengalami perlompatan perkembangan teknologi informasi. Dan salah satu perkembangan teknologi yang sangat mempengaruhi keluarga adalah Smartphone. Sehingga membuat orang tua dan anak sama-sama sibuk, sibuk bekerja, pelayanan, sekolah dan kecanduan gadget inilah yang semakin memperparah komunikasi. Apalagi saat ini kita sedang berada pada generasi Z  di mana masing masing anggota keluarga akan lebih mengutamakan Smartphonenya. Dan kalau hal ini tidak disadari maka akan bisa merusak relasi antara anggota keluarga. Karena itu perlu adanya konmitmen pada waktu jam keluarga, maka tidak boleh bermain Smartphone. Dengan demikian komunikasi bisa terjalin sehingga relasi yang sehat antar anggota keluarga bisa terbangun. Haleluya
Sebagai kesimpulan : Di tengah perkembangan dunia yang begitu pesat maka keluarga Kristen di Zaman Now harus kembali kepada Alkitab dan membangun keluarga sesuai dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan. Dan Prinsip-prinsip Firman Tuhan untuk keluarga Kristen tetap sama baik pada masa keluarga Adam maupun sampai sekarang pada masa keluarga di Zaman Now. Tuhan Yesus Memberkati.


Gembala Jemaat : Pdt. Agus Octavianus

Tidak ada komentar: